Spasme Hemifasial

Spasme hemifasial (hemifacial spasm), atau tik konvulsif, adalah kontraksi kedutan spontan pada satu sisi wajah. Kondisi ini melibatkan saraf kranial ketujuh yang mengontrol otot-otot wajah seperti pada alis, kelopak mata, dan mulut dan bibir

Dalam 92% kasus, spasme dimulai dekat mata dan melebar di wajah dari waktu ke waktu. Dalam 8% kasus lainnya, spasme dimulai dekat dagu dan berkembang ke atas. Kedutan biasanya tidak menyakitkan, tetapi bisa memalukan dan mengganggu ekspresi normal dan visus.

Spasme hemifasial (SHF) dapat disebabkan oleh cedera pada saraf wajah, tekanan saraf oleh pembuluh darah atau tumor, atau Bell’s palsy. Penyebab paling umum adalah tekanan saraf wajah oleh arteri serebri anterior bawah di mana saraf berawal pada batang otak Anda. Tekanan tersebut menyebabkan saraf tidak dapat mengontrol kontraksi otot wajah Anda. Kondisi ini terkait dengan neuralgia trigeminal (NT). Baik spasme hemifasial maupun neuralgia trigeminal disebabkan oleh kompresi saraf oleh pembuluh darah, namun berbeda pada saraf yang terpengaruh yaitu saraf sensorik (NT) atau saraf motorik (SHF).

  • No items.