tumblr tracker

Sosiopat

Sosiopat adalah orang yang menampilkan perilaku antisosial yang terutama ditandai oleh kurangnya empati terhadap orang lain, digabungkan dengan tampilan perilaku moral abnormal dan ketidakmampuan untuk menyesuaikan diri dengan norma-norma masyarakat. Orang yang menderita gangguan kepribadian antisosial sering disebut sebagai sosiopat. Beberapa karakteristik lain yang dapat ditampilkan oleh sosiopat adalah mencuri, berbohong, kurangnya penyesalan terhadap orang lain dan terhadap makhluk hidup, perilaku tidak bertanggung jawab, perilaku impulsif, penyalahgunaan alkohol atau obat, melanggar hukum, melanggar hak orang lain, perilaku agresif dan banyak lagi.

Sosiopat sering tidak dapat mengendalikan perilaku dan ekspresi kejengkelan mereka, lekas marah dan mengancam ketika menghadapi situasi tidak menarik bagi mereka dan mereka sering cenderung untuk menggunakan ancaman, agresi dan kekerasan verbal. Meskipun tidak ada orang yang lahir dengan gangguan ini, gangguan kepribadian sosiopat melibatkan riwayat perilaku antisosial yang persisten selama masa kanak-kanak sebelum usia 15 dan jika tidak diobati, gangguan ini berlanjut sampai dewasa. Sosiopat juga bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor lingkungan sekitar usia 15 yang juga menjadi salah satu alasan utama gangguan ini pada individu. Faktor lingkungan tersebut mencakup perampasan, pelecehan seksual, penelantaran, kekerasan emosional, hubungan dengan orang-orang yang antisosial, kekerasan fisik dan lainnya. 

Orang yang menderita gangguan sosiopat cenderung atraktif, menampilkan perilaku yang memanipulasi orang di sekitar mereka, memiliki keinginan untuk memegang kendali atas segala sesuatu dan semua orang di sekitar mereka.