Sepsis

Istilah awam untuk sepsis adalah keracunan darah, yang juga digunakan untuk menggambarkan septikemia. Sepsis mencakup spektrum penyakit yang berkisar dari keluhan seperti demam, menggigil, malaise, tekanan darah rendah, dan perubahan status mental. sampai gejala disfungsi organ dan syok.

Sepsis disebabkan oleh kehadiran bakteri (bakteremia) dan organisme pernginfeksi lainnya atau racun dalam darah (septikemia) atau pada jaringan lain dari tubuh. Sistem kekebalan tubuh Anda mengakibatkan terbentuknya bekuan-bekuan kecil darah yang dapat menghalangi aliran darah ke organ vital. Hal ini dapat menyebabkan kegagalan organ.

Sepsis terutama menyerang bayi, orang tua dan orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah, meskipun juga dapat terjadi pada orang dewasa muda yang sehat.

Sepsis bisa menjadi situasi serius yang mengancam kehidupan sehingga perlu perawatan mendesak dan komprehensif. Diagnosis cepat sangat penting, karena sepertiga dari penderita sepsis meninggal dunia.

Sepsis biasanya dirawat di unit perawatan intensif rumah sakit (ICU). Antibiotik dan cairan infus dapat diberikan untuk mengobati infeksi dan menjaga tekanan darah agar tidak menurun terlalu rendah. Pasien juga mungkin perlu respirator untuk membantu pernapasan.

  • Apakah Urtikaria?

    Oleh: dr M. Patricia Dian P Utikaria atau masyarakat lebih mengenal dengan istilah biduran atau kaligata, merupakan penyakit kulit alergi yang sering kita jumpai. Urtikaria dapat terjadi pada semua umur, baik laki-laki maupun perempuan. Keluhannya pun bermacam-macam, seringk…

  • Nyamuk Lebih Suka Menggigit Orang Tertentu Dibandingkan yang Lain

    Sebagian orang sangat sering digigit nyamuk, sementara yang lain tidak terlalu dipedulikan mereka. Mengapa? Apakah karena perbedaan bau badan? Apakah karena apa yang mereka makan? Atau karena mereka memiliki “darah manis” yang disukai penyerang bersayap itu? Bebe…

  • Tomat Si Buah Cinta

    Oleh:¬†Ana Febriana, S.TP Hubungan intim antara suami istri kadangkala mengalami pasang surut yang tidak terduga. Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan gairah dan stamina pria. Dari 61 penelitian terpisah disimpulkan bahwa rata-rata terjadi penurunan sebesar 42% pada j…