Definisi:Retinopati Diabetik

Retinopati diabetik adalah kerusakan progresif pembuluh darah di retina yang disebabkan oleh kadar gula darah tinggi (hiperglikemia). Sebagai komplikasi umum dari diabetes mellitus, penyakit ini dapat menyebabkan kebutaan dan gangguan penglihatan lainnya. Retinopati diabetik terjadi dalam berbagai bentuk, termasuk retinopati non-proliferatif, makulopati diabetik dan retinopati proliferatif.

Retinopati non-proliferatif terjadi pada tahap awal penyakit. Kapiler kecil di retina dapat melemah atau hancur, darah bocor yang kemudian membentuk titik-titik seperti perdarahan. Makulopati dapat berkembang ketika akumulasi cairan di bagian tengah retina (makula) menyebabkan penebalan jaringan, pembengkakan (edema makula) dan perdarahan yang luas, menyebabkan penglihatan kabur, terdistorsi atau berkurang.

Pada tahap selanjutnya, karena arteri tidak berfungsi dengan baik untuk membawa oksigen ke sel-sel mata, sel-sel retina menjadi iskemik (kekurangan oksigen). Berikutnya, pembuluh-pembuluh darah baru yang lemah tumbuh (neovaskularisasi). Pertumbuhan pembuluh darah abnormal dapat menyebabkan bintik-bintik (floater), hemoragi vitreous atau glaukoma. Akhirnya, pembuluh darah ekstra terus tumbuh, yang juga terus bocor, bekas luka dapat membentuk, dan retina dapat melepaskan diri dari membran di belakang mata, menyebabkan kebutaan.

Jika Anda menilai halaman ini bermanfaat, pertimbangkan untuk me-link ke halaman ini. Cukup 'copy' dan 'paste' kode di bawah ini pada halaman situs Anda: