Pre-eklampsia

Suatu komplikasi kehamilan yang ditandai dengan kenaikan tajam dalam tekanan darah, albuminuria/proteinuria (kebocoran dalam jumlah besar protein albumin dalam urin) dan edema (pembengkakan) di tangan, kaki, dan wajah. Pre-eklampsia adalah komplikasi yang paling umum dari kehamilan dan memengaruhi sekitar 5% dari kehamilan. Kondisi ini terjadi setelah 20 minggu usia kehamilan, tapi mungkin berkembang sebelumnya dalam kasus penyakit trofoblas.

Pre-eklampsia terjadi paling sering pada kehamilan pertama dan lebih umum pada wanita yang menderita diabetes atau mengandung bayi kembar. Beberapa wanita tampaknya memiliki kecenderungan kuat untuk mengembangkan penyakit pre-eklampsia dalam setiap kehamilan. Dalam banyak kasus penyakit ini cenderung menurun dalam keluarga.

Pre-eklampsia bisa menjadi pertanda masalah serius, misalnya, menunjukkan bahwa plasenta terlepas dari rahim. Dalam beberapa kasus, pree-klampsia yang tidak dikelola dapat berkembang menjadi eklampsia, suatu situasi yang mengancam jiwa baik bagi ibu dan janin yang ditandai dengan koma dan kejang. Sekitar satu dari 20 kasus pre-eklampsia berkembang menjadi eklampsia.

 

  • No items.