Katarak

Katarak adalah perkabutan dan diskolorasi lensa mata. Lensa adalah bagian mata yang biasanya bening dan membantu memfokuskan sinar cahaya yang masuk mata ke retina, jaringan peka cahaya di belakang mata. Setelah cahaya mencapai retina, cahaya memulai reaksi kimia yang menghasilkan respon listrik yang dibawa ke otak melalui saraf optik. Otak kemudian menafsirkan apa yang dilihat mata. Jika lensa keruh karena katarak, gambar akan kabur dan buram. Derajat gangguan visual tergantung pada tingkat kekeruhan lensa.

Lensa terdiri dari air dan protein. Protein yang diatur dalam kadar tertentu membuat lensa bening dan memungkinkan cahaya yang melewatinya berfokus gambar yang jelas ke permukaan retina. Karena penuaan, beberapa protein dapat mengumpul dan membentuk kabut kecil di lensa. Seiring waktu, kabut itu dapat menjadi lebih padat atau luas, sehingga lebih menyulitkan penglihatan.

Selain karena penuaan, ada banyak penyebab katarak yang tidak terkait usia atau katarak sekunder. Cedera tumpul atau tembus ke mata dapat menyebabkan katarak sekunder, baik segera setelah cedera atau beberapa minggu sampai tahun sesudahnya.

  • No items.