Definisi:Kanker

Kanker adalah sekelompok penyakit yang terjadi ketika sel-sel tubuh yang tidak normal tumbuh dan menyebar dengan cepat. Sel-sel tubuh normal tumbuh, membelah diri dan berhenti tumbuh sesuai program. Seiring waktu, mereka juga mati. Tidak seperti sel-sel normal, sel kanker terus tumbuh dan membelah di luar kendali dan tidak mati ketika seharusnya mati.

Sel-sel kanker biasanya berkelompok atau mengumpul untuk membentuk tumor. Sebuah tumor tumbuh menjadi gumpalan sel-sel kanker yang dapat menghancurkan sel-sel normal di sekitarnya dan merusak jaringan tubuh yang sehat. Hal inilah yang membuat seseorang sakit.

Kadang-kadang sel-sel kanker melepaskan diri dari tumor asalnya dan berjalan ke area lain dari tubuh, di mana mereka terus tumbuh dan dapat membentuk tumor baru. Penyebaran tumor ke tempat baru di dalam tubuh ini disebut metastasis.

Jenis kanker termasuk karsinoma (yang mempengaruhi sel-sel epitel), sarkoma (yang mempengaruhi jaringan lunak), limfoma dan leukemia (yang mempengaruhi jaringan limfoid), dan glioma (yang mempengaruhi jaringan otak).

Jika Anda menilai halaman ini bermanfaat, pertimbangkan untuk me-link ke halaman ini. Cukup 'copy' dan 'paste' kode di bawah ini pada halaman situs Anda: