tumblr tracker

Jahitan bedah

Jahitan bedah adalah perangkat medis yang digunakan untuk menyatukan jaringan tubuh setelah cedera atau pembedahan. Perangkat ini biasanya terdiri dari benang yang dipasang dengan jarum. Ada banyak bentuk, ukuran, dan bahan benang yang digunakan untuk jahitan bedah.

Secara umum, jahitan dapat dibagi menjadi dua jenis: yang terserap tubuh tanpa menimbulkan bahaya dan yang tidak terserap sehingga harus diangkat secara manual setelah proses penyembuhan. Jenis benang yang digunakan pada setiap operasi tergantung tuntutan lokasi, lingkungan dan kebijaksanaan atau pengalaman ahli bedah. Jahitan yang ditempatkan secara internal biasanya menggunakan benang yang terserap, sedangkan jahitan pada luka eksternal menggunakan benang yang tidak terserap. Jahitan pada lingkungan yang bertekanan, misalnya jantung atau kandung kemih, mungkin memerlukan bahan khusus yang kuat.

Jahitan juga dapat dibagi menjadi dua berdasarkan simpulannya: monofilamen (tidak dikepang) dan multifilamen (dikepang). Jahitan dikepang memberikan keamanan yang lebih baik sedangkan simpul jahitan monofilamen memberikan jalan yang lebih baik melalui jaringan. Secara umum, jahitan monofilamen menimbulkan reaksi jaringan yang lebih rendah dibandingkan jahitan dikepang.

Selain itu, berdasarkan bahan bakunya, jahitan bedah dibagi menjadi alami dan sintetik. Jahitan alami termasuk jahitan sutra dan catgut sedangkan semua jahitan lainnya adalah sintetis.