Definisi:Indikasi

Kata “indikasi” dalam kedokteran memiliki dua definisi yang berbeda: pertanda atau alasan. Dalam definisi yang pertama, orang dengan kondisi tertentu menampilkan indikasi atau tanda-tanda bahwa mereka harus diperlakukan dengan cara tertentu, baik dengan diberi pengobatan atau menjalani terapi tertentu seperti operasi. Gejala juga bisa menjadi indikasi penyakit dan dokter dapat menggunakan gejala sebagai metode untuk mendiagnosis penyakit.

Dalam definisi kedua, indikasi adalah alasan untuk membenarkan pengobatan atau terapi tertentu. Dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik atau hanya mendengarkan keluhan pasien untuk menentukan tindakan yang terbaik. Jika hal tersebut tidak memberikan informasi yang cukup, ada cara-cara yang lebih spesifik untuk memutuskan tindakan yang tepat untuk dilakukan seperti mengevaluasi darah atau jaringan untuk melihat apakah ada unsur-unsur yang dapat diobati. Sebagai contoh, posisi janin sungsang atau plasenta previa dapat menjadi indikasi medis untuk tindakan operasi caesar.

Jika Anda menilai halaman ini bermanfaat, pertimbangkan untuk me-link ke halaman ini. Cukup 'copy' dan 'paste' kode di bawah ini pada halaman situs Anda: