Definisi:Gangguan Kepribadian

Gangguan kepribadian adalah suatu jenis penyakit mental di mana Anda mengalami kesulitan memahami dan berhubungan dengan situasi dan orang-orang – termasuk diri Anda. Ada banyak jenis spesifik gangguan kepribadian. Secara umum, memiliki gangguan kepribadian berarti Anda memiliki pola yang kaku dan tidak sehat dalam berpikir dan berperilaku, tidak peduli apa pun situasinya. Hal ini menyebabkan masalah yang signifikan dan keterbatasan dalam hubungan, pergaulan sosial, pekerjaan dan sekolah.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda memiliki gangguan kepribadian karena cara berpikir dan berperilaku Anda tampak alami bagi Anda, dan Anda mungkin menyalahkan orang lain untuk masalah yang Anda hadapi.

Secara umum, gangguan kepribadian dapat dikelompokkan ke dalam 10 jenis yaitu:

  1. Gangguan kepribadian paranoid
  2. Gangguan kepribadian skizoid
  3. Gangguan kepribadian skizotipal
  4. Gangguan kepribadian antisosial
  5. Gangguan kepribadian borderline
  6. Gangguan kepribadian histrionik
  7. Gangguan kepribadian narsisistik
  8. Gangguan kepribadian avoidan
  9. Gangguan kepribadian dependen
  10. Gangguan kepribadian obsesif-kompulsif.

Selain itu, ada juga gangguan kepribadian non- spesifik. Kategori ini disediakan untuk digunakan dokter ketika mereka menghadapi pasien dengan gejala yang mirip dengan salah satu gangguan di atas, tetapi kriteria yang tepat untuk gangguan tertentu tidak terpenuhi.

Jika Anda menilai halaman ini bermanfaat, pertimbangkan untuk me-link ke halaman ini. Cukup 'copy' dan 'paste' kode di bawah ini pada halaman situs Anda: