Fagosit

Fagosit adalah sel darah putih yang melindungi tubuh dengan menelan partikel asing berbahaya, bakteri, dan sel-sel mati atau sekarat. Proses memakan partikel ini disebut “fagositosis,” sebuah proses yang merupakan salah satu fitur yang membedakan dari sel eukariotik, yang ditemukan pada organisme primitif seperti amuba, yang berburu, menelan dan membunuh mikroba untuk tujuan nutrisi. Fagosit berasal dari kata Yunani “fago” atau “fagus” yang berarti memakan dan “-sit”, akhiran dalam biologi yang bermakna “sel”.

Fagosit manusia dan hewan lain disebut “profesional” atau “non-profesional” tergantung pada seberapa efektif mereka dalam melakukan fagositosis. Banyak sel dalam tubuh kita yang mampu melakukan fagositosis, tetapi hanya dua yang “profesional” yaitu polimorfonuklir leukosit netrofilik (PMN, neutrofil) dan makrofag, yang berasal dari monosit.

Perbedaan utama antara fagosit profesional dan non-profesional adalah bahwa fagosit profesional memiliki molekul yang disebut reseptor pada permukaan mereka yang dapat mendeteksi benda-benda berbahaya, seperti bakteri, yang tidak biasanya ditemukan dalam tubuh. Fagosit sangat penting dalam memerangi infeksi, serta dalam memelihara jaringan sehat dengan menghapus sel-sel mati dan sekarat yang telah mencapai akhir dari jangka hidup mereka.

  • No items.