Definisi:Endometriosis

Suatu kondisi di mana jaringan yang mirip dengan lapisan rahim (endometrium) tumbuh di bagian lain dari tubuh. Seperti lapisan rahim, jaringan ini terbentuk dan berkembang mengikuti siklus hormon bulanan. Namun, tidak ada saluran alami untuk pembuangan dari implan ini. Sebaliknya, lapisan akan runtuh  ke organ sekitarnya, menyebabkan pembengkakan dan peradangan. Iritasi ini berulang mengarah pada pengembangan jaringan parut dan perlengketan di daerah implan endometrium.

Gejala endometriosis antara lain nyeri sebelum dan selama periode menstruasi, nyeri pada saat ovulasi, nyeri selama atau setelah aktivitas seksual, perdarahan haid berat atau tidak teratur, kelelahan, sakit dengan gerakan usus pada saat menstruasi dan nyeri saat buang air kecil.

Ada banyak teori mengenai penyebab endometriosis. Teori yang paling diterima adalah bahwa selama menstruasi beberapa jaringan menstruasi melalui saluran tuba ke dalam perut, yang kemudian menjadi implan dan tumbuh. Teori lain menunjukkan bahwa endometriosis dapat menjadi proses genetik atau keluarga tertentu mungkin memiliki faktor predisposisi

Jika Anda menilai halaman ini bermanfaat, pertimbangkan untuk me-link ke halaman ini. Cukup 'copy' dan 'paste' kode di bawah ini pada halaman situs Anda: