CT Scan

Pemindai CT-scan atau CT-scanner (computerized tomography scanner) adalah mesin sinar-x khusus yang mengirimkan berbagai berkas pencintraan secara bersamaan dari sudut yang berbeda. Berkas-berkas sinar-X melewati tubuh dan kekuatannya diukur dengan algoritma khusus untuk pencitraan. Berkas yang telah melewati jaringan kurang padat seperti paru-paru akan menjadi lebih kuat, sedangkan berkas yang telah melewati jaringan padat seperti tulang akan lemah. Sebuah komputer dapat menggunakan informasi ini untuk menampilkan sebagai gambar dua dimensi pada monitor.

CT scan jauh lebih rinci daripada sinar-X biasa. Informasi dari gambar dua dimensi oleh komputer dapat direkonstruksi untuk menghasilkan gambar tiga dimensi pada beberapa CT scanner generasi baru. Gambar virtual ini dapat digunakan sebagai panduan dokter bedah selama operasi. CT scan memungkinkan dokter untuk memeriksa bagian dalam tubuh tanpa harus mengoperasi atau melakukan pemeriksaan yang tidak menyenangkan. CT scan juga terbukti sangat bermanfaat dalam penentuan tumor dan perencanaan pengobatan dengan radioterapi.

Teknik CT scan dikembangkan oleh Sir Godfrey Hounsfield dari Inggris, yang dianugerahi Hadiah Nobel untuk karyanya. CT scanner pada awalnya dirancang untuk mengambil gambar dari otak. Sekarang dengan teknologi yang jauh lebih maju, CT scanner digunakan untuk mengambil gambar pada hampir semua bagian tubuh.

Pemindai ini sangat baik pada pengujian untuk perdarahan di otak, untuk aneurisma (ketika dinding arteri membengkak), tumor otak dan kerusakan otak, tumor, abses di seluruh bagian tubuh, penyakit paru-paru, luka dalam di limpa, ginjal atau hati, atau cedera tulang, terutama tulang belakang.

  • No items.