Definisi:Caput succedaneum

Caput succedaneum adalah pembengkakan kulit kepala pada bayi yang baru lahir. Sebagian kulit kepala bayi terlihat bengkak, lembek dan mungkin berubah warna kemerahan atau memar. Hal ini paling seringkali disebabkan oleh tekanan dari rahim atau dinding vagina selama persalinan dengan kepala terlebih dulu (vertex).

Sebuah caput succedaneum lebih mungkin terbentuk selama persalinan berkepanjangan atau sulit. Hal ini terutama terjadi setelah kantung ketuban pecah, karena kantung ketuban tidak lagi menyediakan bantalan pelindung untuk kepala bayi. Ekstraksi vakum juga dapat meningkatkan kemungkinan caput succedaneum.

Caput succedaneum kadang-kadang teridentifikasi dengan USG bahkan sebelum persalinan atau kelahiran dimulai. Lebih sering daripada tidak, kondisi ini terkait dengan kantung ketuban pecah dini atau terlalu sedikit cairan ketuban (oligohidramnion). Bila semua hal lain sama, semakin lama selaput utuh, semakin kecil kemungkinan terbentuknya caput.

Jika Anda menilai halaman ini bermanfaat, pertimbangkan untuk me-link ke halaman ini. Cukup 'copy' dan 'paste' kode di bawah ini pada halaman situs Anda: