Cacing Tambang

Cacing tambang (hookworm) adalah parasit usus yang disebabkan oleh salah satu dari dua spesies nematoda, Necator americanus atau Ancylostoma duodenale. N. americanus adalah cacing tambang spesifik manusia yang paling umum di seluruh dunia. Distribusi A. duodenale secara geografis lebih terbatas. Baik N. americanus maupun A. duodenale ditemukan di Afrika, Asia dan Amerika. Necator americanus dominan di Amerika dan Australia, sementara hanya A. duodenale yang ditemukan di Timur Tengah, Afrika Utara dan Eropa Selatan.

Infeksi cacing tambang adalah salah satu penyakit tropis yang paling penting pada manusia dengan lebih dari 750 juta orang terinfeksi di seluruh dunia. Infeksi cacing tambang adalah infeksi paling umum kedua setelah ascariasis. Infeksi N. americanus dapat terjadi hanya melalui penetrasi kulit dengan larva L3. A. duodenale dapat menginfeksi manusia setelah menelan larva.

Infeksi berat cacing tambang dapat membuat masalah kesehatan yang serius pada bayi yang baru lahir, anak-anak, dan orang-orang yang kekurangan gizi.

  • No items.