Definisi:Bayi Tabung

Bayi tabung adalah istilah yang mengacu pada anak yang dihasilkan dari proses in in vitro fertilization atau proses pembuahan sel telur dengan sperma yang terjadi di luar tubuh (“in vitro” berarti “di dalam kaca”). Dalam proses tersebut, telur dikeluarkan dari ovarium ibu dan diinkubasi dengan sperma dari ayah. Setelah pembuahan, sel-sel pra-embrio dibiarkan untuk membelah 2-4 kali di dalam inkubator selama 3 sampai 5 hari. Pra-embrio ini kemudian dikembalikan ke rahim ibu untuk mengimplan dan tumbuh sebagaimana dalam kehamilan umumnya.

Prosedur ini adalah salah satu dari banyak teknologi reproduksi berbantuan (assisted reproduction technology) yang digunakan ketika pasangan sulit mendapatkan keturunan, misalnya karena kualitas/kuantitas sperma yang buruk, adanya penghalang antara telur dan sperma, masalah ovulasi, dan masalah interaksi sel telur dan sperma.

Jika Anda menilai halaman ini bermanfaat, pertimbangkan untuk me-link ke halaman ini. Cukup 'copy' dan 'paste' kode di bawah ini pada halaman situs Anda: