Artritis

Artritis berasal dari kata Yunani “artron” yang berarti “persendian” dan kata “itis” dari bahasa Latin yang berarti “peradangan”. Artritis memengaruhi sistem muskuloskeletal (otot dan sendi), dan merupakan penyebab utama kecacatan di antara orang berusia 55 tahun ke atas. Arthritis seringkali disertai oleh nyeri sendi (disebut artralgia).

Artritis bukan penyakit tunggal, tetapi istilah yang mencakup lebih dari 100 kondisi medis. Osteoartritis (OA) adalah bentuk artritis yang paling umum dan biasanya memengaruhi lansia. Beberapa bentuk artritis dapat mempengaruhi orang-orang pada usia muda. Kebanyakan artritis bersifat kronis, yaitu terus berlanjut untuk jangka waktu yang panjang.

Artritis dapat menyerang sendi di hampir setiap bagian tubuh. Gejala artritis dapat Anda lihat dan rasakan berupa bengkak, hangat, dan kemerahan pada sendi Anda. Dalam beberapa jenis artritis, rasa sakit dan pembengkakan berlangsung hanya dalam waktu singkat, tetapi sangat tidak nyaman. Jenis artritis lain mungkin kurang menyakitkan, tetapi secara perlahan menyebabkan kerusakan pada sendi Anda.

  • No items.