Definisi:Analgesik

Analgesik adalah kelas obat yang dirancang untuk meringankan nyeri tanpa menyebabkan hilangnya kesadaran. Kelas-kelas yang berbeda dari obat analgesik termasuk:

  • Nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID), seperti ibuprofen, naproxen, atau Cox-2 inhibitor. NSAID biasanya digunakan untuk mengurangi nyeri dan peradangan.
  • Narkotika, seperti morfin, dan obat-obatan narkotika sintetis, seperti metadon, dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit. Obat nyeri narkotik bekerja dengan mengalihkan pasien dari rasa sakit. Meskipun rasa sakit masih ada, sensasi rasa sakit diubah oleh narkotika. Semua narkotik membawa risiko kecanduan, dan jika diambil untuk waktu yang lama, dapat mengakibatkan gejala penarikan (withdrawal) seperti berkeringat dan kecemasan ketika dihentikan.
  • Tylenol (acetaminophen) adalah pereda nyeri non narkotika yang bekerja pada sentral tetapi tidak memiliki efek anti-inflamasi.

Jika Anda menilai halaman ini bermanfaat, pertimbangkan untuk me-link ke halaman ini. Cukup 'copy' dan 'paste' kode di bawah ini pada halaman situs Anda: