Definisi:Adenomyosis

Juga dikenal sebagai “endometriosis rahim”, adenomyosis adalah pertumbuhan sel-sel endometrium yang menembus jauh ke dalam otot rahim (miometrium) di dinding belakang (sisi posterior). Rahim menjadi lebih besar hingga lebih dari dua kali ukuran normal dan sangat keras. Penyakit ini dapat dilokalisasi dengan definisi perbatasan yang jelas atau tidak jelas (difus). Adenomyosis bersifat jinak dan tidak menyebabkan kanker. Bila masih bersifat lokal, kondisinya disebut adenomyoma. Adenomyoma dapat terletak pada kedalaman yang berbeda dari otot rahim dan dapat menembus hingga ke dalam rongga rahim, menjadi tumor submukosa.

Adenomyosis hanya dapat didiagnosis dengan kepastian 100% melalui biopsi otot rahim. Sekitar 12% dari wanita penderita adenomyosis juga memiliki endometriosis pada tempat lain seperti dinding panggul, indung telur, tuba fallopi dll. Insiden tertinggi adenomyosis adalah pada wanita di pertengahan empat puluhan ke atas. Meskipun dapat menyebabkan infertilitas, penyakit ini umumnya muncul pada wanita yang telah memiliki anak.

Jika Anda menilai halaman ini bermanfaat, pertimbangkan untuk me-link ke halaman ini. Cukup 'copy' dan 'paste' kode di bawah ini pada halaman situs Anda: